MENGATASI WPADMIN ERROR SETELAH PASANG SSL CLOUDFLARE

MENGATASI WPADMIN ERROR SETELAH PASANG SSL CLOUDFLARE – Cara mengatasi halaman login dan wp admin error redirect loop setelah memasang ssl gratis cloudflare. Masalah yang sering dihadapi blogger yang mencoba memasang https gratis dari cloudflare adalah halaman wp-login.php dan direktori wp-admin yang tidak bisa diakses. Entah itu karena redirect loop maupun error page 403 sehingga merepotkan diri sendiri karena tidak bisa posting artikel di wordpress self hosting.

Tips Memperbaiki Wp Admin Error Setelah Pasang Https

Tips Memperbaiki Wp Admin Error Setelah Pasang Https

Walaupun error sudahlah merupakan resiko dan menjadi hal yang biasa ketika kita akan mencoba sesuatu yang baru, akan tetapi jika tidak kunjung menemukan solusi yang pas akan menimbulkan kegelisahan. Disatu sisi kita sangat ingin sekali mencobanya sampai berhasil dan dilain pihak jika terus mengalami kebuntuan maka sering kali muncul kata menyerah serta membiarkan project biasa-biasa aja apa adanya. Ajaibnya jika kita terus mencoba sampai akhir sering kali solusi itu akan muncul sendirinya dan itu merupakan sebuah kepuasan tersendiri.

Seperti halnya pada pemasangan ssl pada blog inblogspot ini yang awalnya hanya cuma iseng-iseng aja akhirnya sekarang telah berhasil menempelkan embel-embel https pada url dan gembok ijo universal ssl sebagai tanda bahwa blog ini aman untuk diakses. Selama proses pemasangan memang ada beberapa kendala namun setelah mencoba ngutak utik beberapa komposisi setingan akhirnya ketemu juga solusinya.

Saya asumsikan sebelum mengikuti tutorial ini sobat telah mengikuti tutorial sebelumnya yaitu CARA PASANG SSL HTTPS GRATIS DARI CLOUDFLARE. Berikut ini dua alternatif cara untuk mengatasi wp admin yang error pada ssl wordpress self hosting.

Pengaturan ini berlaku dan bisa diterapkan untuk Domain WWW maupun NON-WWW.

SOLUSI MEMPERBAIKI REDIRECT LOOP DAN TIDAK BISA MASUK WPADMIN PADA SSL CLOUDFLARE WORDPRESS

1. Masuk Cloudflare klik Roda gerigi setingan cloudflare > Pilih Page Rules, pastikan bahwa sobat sebelumnya sudah memasang plugin Cloudflare dan mengatur General setting seperti pada tutorial sebelumnya.
2. Atur page rule pertama dengan patern http://*.domainkamu.com/* (untuk www) dan http://domainkamu.com/* (untuk non-www) dengan pagerule always use https. Pada bagian ini jangan lupa untuk memasukan http:// agar tidak terjadi error infinite redirect loop, tapi biasanya langsung terpasang otomatis ketika pertama kali input.

Force Https Page Rule SSL CloudFlare

Force Https Page Rule SSL CloudFlare

3. Tambah rule baru dengan patern *.domainkamu.com/wp-admin/* dengan pengaturan pagerule Custom caching: Aggressive caching untuk settingan yang baru pilih  Standart Caching dan SSL pilih Flexible SSL untuk Apps, Performance, Security, Browser Intergrity Check biarkan default atau atur seperti pada gambar dibawah ini.

Pengaturan PageRule SSL Cloudflare yang Baru

Pengaturan PageRule SSL Cloudflare yang Baru

Pengaturan Pagerule Tidak bisa Masuk WpAdmin

Pengaturan Pagerule Tidak bisa Masuk WpAdmin Lama

4. Tambah lagi rule dengan pengaturan patern  www.domainkamu.com/wp-login.php* atau *.domainkamu.com/wp-login.php* dan pagerule sama seperti no.3
5. Urutkan list Pagerule seperti pada gambar dibawah ini dengan melakukan drag pada bagian kanan list.

Urutan Pengaturan Pagerule SSL Cloudflare

Urutan Pengaturan Pagerule SSL Cloudflare

PENJELASAN:
Tujuan utama pengaturan diatas adalah memperbaiki looping akibat kesalahan urutan pagerule dan hanya mengaktifkan jalur https pada semua page termasuk wp-login dan wp-admin serta mengatasi masalah error page 403. setelah loggin maka https akan otomatis akan tetap muncul akan tetapi biasanya muncul peringatan yellow padlock (segitiga kuning) pada addressbar dan ketika akan menulis artikel mode visual tidak berfungsi hanya bisa menulis pada mode text. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

CARA MENGATASI WPADMIN ERROR SAAT MENULIS ARTIKEL

1. Login Cloudflare langsung pilih menu Page Rules.
2. Sama halnya seperti pengaturan diatas masukan patern *.domainkamu.com/* dengan pagerule always use https.
3. Urutkan pengaturan pagerule always https on pada bagian bawah, dan untuk mengantisipasi  error 403 pada server tambahkan pagerule untuk wp-admin dan wp-login seperti pada pengaturan diatas dengan SSL: Flexible SSL.

Urutan Pengaturan Pagerule SSL Cloudflare

Urutan Pengaturan Pagerule Untuk Menulis pada Mode Visual

4. Masuk CPANEL Webhosting kamu dan masukan kode setelah kode define(‘WP_DEBUG’, false); pada wp-config.php seperti pada gambar dibawah ini.

define('FORCE_SSL_ADMIN', true);
define('FORCE_SSL_LOGIN', true);
if ($_SERVER['HTTP_X_FORWARDED_PROTO'] == 'https'){
 $_SERVER['HTTPS']='on';
}
Setting wp-config.php ssl error cloudflare

Setting wp-config.php ssl error cloudflare

Semoga setelah membaca MENGATASI WPADMIN ERROR SETELAH PASANG SSL CLOUDFLARE wordpress self hosting kamu bisa diakses dengan baik dan penginstalan ssl telah terpasang sempurna baik pada wp-login maupun wp-admin. Jika tetap terjadi error 403 atau ada peringatan server tidak online lakukan Purge Cache dan pilih Purge Everything  pada menu Caching, biasanya error tersebut terjadi hanya beberapa menit saja dan bersifat sementara karena server belum melakukan caching pada blog sobat. Untuk lebih amannya jika sobat hendak melakukan editing template harap untuk selalu mengaktifkan Development Mode. Sampai jumpa di postingan berikutnya yang pastinya saya akan selalu membagi ilmu yang telah diperoleh kepada rekan-rekan blogger secara gratis.

2 Comments
  1. saya baru tadi pasang sll dari cloudflare, cuma masalahnya sslnya masih ada tanda warning kuning
    trus di google chrome gak bisa di buka blog sayanya
    saya gunain blogger
    dan gimna caranya supaya sslnya berwarna hijau.
    klo ada solusi tolongin gimna caranya supaya bisa di buka di semua google chrome

    • Sepertinya sobat menggunakan platform blogger, untuk meredirect ke https gunakan page rule pada settingan cloudflare force to https. tapi jika pada konten blogger terdapat content yang masih memuat http maka ssl akan tetap muncuk tanda warning untuk mengatasinya gunakan ganti http:// dengan // saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Live Link Please! and Leave a Relevant Comment